`

`

Kamis, 28 Maret 2013

HARI INI SAJA



Hari ini saja..Saya akan memilih dan memperlihatkan sikap-sikap yang benar.
Hari ini saja..Saya akan menentukan dan menindak-lanjuti prioritas-prioritas penting.
Hari ini saja..Saya akan mengenali dan mengikuti panduan-panduan yang sehat.
Hari ini saja..Saya akan berkomunikasi dengan dan mengurus keluarga saya.
Hari ini saja..Saya akan melatih dan mengembangkan cara berpikir yang baik.
Hari ini saja..Saya akan membuat dan memegang komitmen-komitmen yang benar.
Hari ini saja..Saya akan meraih dan mengatur keuangan saya dengan benar.
Hari ini saja..Saya akan memperdalam serta mengamalkan iman saya.
Hari ini saja..Saya akan menginisiatifkan dan berinvestasi dalam hubungan-hubungan yang mantap.
Hari ini saja..Saya akan merencanakan dan meneladani kemurahan hati.
Hari ini saja..Saya akan merangkul dan mempraktekkan nilai-nilai yang baik.
Hari ini saja..Saya akan mengupayakan dan mengalami peningkatan-peningkatan.
Hari ini saja..Saya akan menindaklanjuti keputusan-keputusan ini dan mempraktekkan disiplin-disiplin ini, maka
Suatu hari kelak...Saya akan melihat hasil-hasil majemuk dari suatu hari yang dijalani dengan baik.

Ini Catatan yang bisa ku petik dari intisari bukunya John C.Maxwell yang berjudul Today Matters (Hari ini Penting). Buku ini sangat luar biasa. Karya emas yang hadirnya bisa bermanfaat menembus ruang dan waktu. Pada permulaan buku ini sengaja dihadirkan perspektif keliru menyangkut kesuksesan dan respon-respon-nya serta akibat yang muncul dari bangunan perspektif tersebut.

Buku ini bisa dimaknai sebagai sesuatu yang berkaitan erat antara rencana hari ini menentukan masa depan seseorang. Seperti yang pernah disampaikan oleh Hasan Al-Banna bahwa mimpi hari ini adalah kenyataan hari esok. Atau dalam sebuah bukunya Rijalul Imam beliau pernah mendefinisikan masa depan dalam pemaknaan masa yang berbeda, salah satunya yang berkaitan dengan buku ini adalah Masa depan ada di masa kini. Artinya dalam beberapa ruang pandang orang melihat hari ini dan masa depan juga ditulis oleh John C.Maxwell dalam buku ini.

Buku ini penting dibaca oleh kita yang masih sedang mengumpulkan penggalan-penggalan sukses kecil menjadi kesuksesan makro. Kesuksesan yang membuat dunia akan selalu bercerita kepada manusia disetiap jaman setelah kita. Tetapi syaratnya adalah harus menyelami semua titik awal dari sebuah catatan dari buku ini.

Menarik!tidak diragukan tentang ide besar buku ini. Berawal dari membangun persepsi bahwa hari ini penting, lalu menggambarkan tentang aktivitas yang harus ditradisikan, membangun karakter, lalu memknai umpan balik dari perspektif tentang urgensi hari ini, sampai kemudian menikmati perjalanan hari yang selalu bermanfaat sampai kapanpun.

Dua belas prinsip utama harian yang ditulis menjadi titik ideal. Persoalan kemudian adalah kesungguhan ikhtiar untuk mengimplementasikan prinsip-prinsip tersebut. Tetapi memang John menuliskan ada asumsi-asumsi yang harus selesai untuk mencapai setiap prinsipnya. John juga menyadari bahwa butuh waktu untuk menjiwainya menjadi sesuatu yang melekat dalam diri. Sehingga pada saatnya akumulasi dari ikhtiar ini menjadi sukses yang majemuk.
Semoga Bisa!!

2 komentar:

Semangat menulis akan secara perlahan mengganti kebiasaan yang sia-sia menjadi lebih produktif. Mengisi banyak kekosongan dengan aliran ide-ide dan cerita-cerita yang membelajarkan. Dan akan banyak peristiwa yang bisa ditulis disini. Semoga kemudian mengantarkan kita menjadi manusia yang bermanfaat. Amin