`

`

Senin, 13 Maret 2017

MARI BERTRANSISI..

Goncangannya kuat, terasa sampai disini. Ditempat kita menata mimpi2.
Dimana engkau berpijak?anomali itu membutakan #obyektivitas mu.

Sungguh aku heran, sudah sejauh ini kita mengayun langkah, pertanyaan di kepalamu masih. Sebenarnya kita mau kemana? #obyektif

Gagal paham. Ini karena kritisme atau karena susah membaca zaman. Kawan, zaman kita telah berubah. #obyektif

Kita sudah tidak lagi ada di masa itu. Masa lalu. Kita sudah jauh menuju masa saat ini. Maka pijakanmu mesti beradaptasi dengan kekinian.

Kau dahulu mungkin super hero. Tapi hari ini berbeda. Zaman telah membuat kita menjelma menjadi yg lain. Tidak seperti sedia kala.

Kebijaksanaan sesungguhnya ketika penjelmaan ini kita fahami sebagai siklus, yang pasti berputar. Berganti. Seperti pula dahulu.

Ada siang, ada malam. Ini adalah pertanda bahwa perubahan itu selalu ada. Apalagi sekedar menjadi sesuatu. Begitu guru2 mengajarkan kita.

Seperti pula nasehat para guru kita dahulu. Bahwa menjadi sesuatu jangan sampai kita lekatkan dlm kepentingan. Dan satu2nya orientasi kita.

Awalnya akan biasa.Lama2 menjadi karakter. Dan akan tipis bedanya;perspektif kita lahir atas #obyektivitas ataukah kepentingan kita sendiri.

Mari bangun dari tidur panjang. Sekali lagi siklus perubahan tadi semestinya membangunkan kita. Bahwa matahari telah meninggi.

Kebersamaan kita telah cerah. Secerah mentari pagi. Sudah jauh kita tinggalkan keterbelakangan pengeloaan system seperti dulu. #obyektif

System yg menciptakan one man show. System yg lahirkan raja-raja kecil. System yang tidak membelajarkan. Semua telah kita kubur dalam2.

Skrng kita telah lahirkan system baru. Siapapun yg masuk ke dalamnya dan mau belajar mengikuti system ini,dia pasti hebat,pasti luar biasa.

Kita tdk mungkin memelihara fase stagnasi yang begitu lama. Sementara proses belajar kita mengajarkan kita utk lebih baik dr hari kemarin.

Kita mesti Naik kelas. Meminjam falsafah NAIK yg sering dipakai Ustad Anis matta kala membakar dada-dada kita.

Kita harus berubah menjadi baik. Dan kita harus beranjak dari tahap stagnasi menjadi progresif. Dan perubahan itu mengharuskan perjuangan.

Agar mimpi perubahan itu tidak hanya menjadi bunga tidur. Yg harus kita lakukan adalah mencari pola dan strategi baru.

Karena kita tidak mungkin mendapatkan capaian target yang besar dengan strategi yang biasa-biasa saja. Butuh strategi yg luar biasa.

Dan cara baru yg kita gunakan untuk mengawali semuanya adalah membangun system. Dan hanya mereka yg terlibat di dalamnya yang faham.

Yang mengerti kemana muara dari ikhtiar berlelah-lelah ini. Bukan mereka yang berdiri dengan ketidak jelasan.

Bukan pula yang galau dengan keberpihakan dirinya sendiri. Menjadi bagian penguat system ataukah perusak system.

Atau seperti istilah yg sering dipakai oleh teman2 PII NTB sebagai "penyu". Penyusah.

Kawan, waktu akan terus berputar. Dan tidak mungkin kau seperti ini. Berdiri diatas pergulatan diri yg tidak berujung.

Kau harus berjuang untuk menaklukkan perasaan yg menghegemoni logikamu. Dan itu membuat cara pandang terhadap sesuatu begitu kabur.

Mari bertransisi. Dari hegemoni perasaan menuju cara pandang yg logis dan obyektif.

Menilai sesuatu dengan ukuran2 yg jelas. Menghargai dan menghukumi sesuatu dengan standar2 yg jelas dan dapat diukur.

Dgn begitu kita tdk membiarkan kereta kita digerogoti oleh aturan organisasi yg sangat tdk adil. Atau bangunan nilai yg penuh subyektivitas.

Sekali lagi mari kita bertransisi. Dari masa lalu menuju masa kini. Dan meleburkan diri seluruhnya dengan system yg kita bangun.

Waktu terus berputar. Dan semua akan berubah sesuai masanya. Jangan sampai momentum membencimu. Dan kau tidak berkawan dengan siapapun.

Apalagi kebersamaan yg membersamaimu tdk idiologis. Maka pada saatnya pula kau akan ditinggal sendirian.

0 komentar:

Posting Komentar

Semangat menulis akan secara perlahan mengganti kebiasaan yang sia-sia menjadi lebih produktif. Mengisi banyak kekosongan dengan aliran ide-ide dan cerita-cerita yang membelajarkan. Dan akan banyak peristiwa yang bisa ditulis disini. Semoga kemudian mengantarkan kita menjadi manusia yang bermanfaat. Amin