`

`

Selasa, 03 Maret 2015

PILKADA TIDAK SELAMANYA SOAL UANG


Satu jam yang lalu saya kebetulan duduk dan mengobrol dengan beberapa orang didepan kantor DPRD Dompu. Pada saat itu pula ada beberapa anggota DPRD yang berbincang disisi sebelah kami duduk. Kemudian dari dalam ruang loby kantor DPRD keluar salah seorang anggota DPRD dan menyapa kami kemudian pergi. Sepertinya hendak menuju kantor salah satu partai yang hari ini akan menerima kedatangan pasangan bacabup dan bawacabup Kisman Pangeran dan Ompu Beko. Setelah menyapa kami kemudian pamit. Anggota DPRD yang lain yg sedang duduk disamping tempat kami mengobrol tiba-tiba menyeletuk "raho lalo 3 M re". Dan sambil tertawa mendengar celetukan itu anggota dewan yang tadi langsung berangkat menuju kantor partainya.

Saya berfikir, apakah selalu Pilkada hanya soal uang?Kalaupun selalu adalah soal uang apa juga tidak ada sebelumnya berbincang soal visi, misi, dan renstra. Saya jadi teringat ketika PKS membuka pendaftaran Bacabup akhir bulan lalu. Pada saat itu Tim Komunikasi Calon Kepala Daerah PKS Dompu menolak meregistrasi Calon yang mendaftar tanpa membawa Rencana Strategis jika terpilih menjadi Bupati Dompu periode 2015-2020. Kemudian menolak Pendaftaran yang hanya mengirim Tim Sukses saja. Uang adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dengan operasional politik. Tetapi Ide tentang pembangunan jauh lebih mahal dari sekedar bicara uang. Dan uang seharusnya dijadikan sebagai hal yang sekunder dan yang primer adalah ide dan gagasan yang sudah diformula menjadi Renstra untuk Dompu kedepan. Sehingga perlu kita bangun tradisi politik yang melahirkan ide dan gagasan baru. Dan ide serta gagasan baru itu yang mungkin melahirkan pembangunan sumber daya yang baik di Kab.Dompu.

#Cuappagi
#temankopi

0 komentar:

Posting Komentar

Semangat menulis akan secara perlahan mengganti kebiasaan yang sia-sia menjadi lebih produktif. Mengisi banyak kekosongan dengan aliran ide-ide dan cerita-cerita yang membelajarkan. Dan akan banyak peristiwa yang bisa ditulis disini. Semoga kemudian mengantarkan kita menjadi manusia yang bermanfaat. Amin