`

`

Rabu, 15 Januari 2014

HANYA INGIN MENULIS


Hanya Ingin menulis. Satu kalimat ini saja yang akan membingkai perjalanan tahun 2014. Ini point besar yang akan menjadi penghubung disemua pilihan setahun ini. Kalau kita sekedar melihat kalimat ini secara tekstual dan hanya sebagai gabungan dari suku kata pasti akan menyimpulkan dengan sempit. Barangkali juga akan mengatakan sangat sia-sia satu tahun yang sangat lama hanya untuk satu kalimat ini. Tetapi jika menangkap maknanya yang sangat mendasar saya yakin pembaca juga akan membantu mendoakan agar semangat ini bisa tercapai ditahun ini.

HANYA. Kata ini adalah bingkai fokus yang mencoba mengerucutkan periode cita-cita. Jika kita memiliki banyak mimpi yang ingin kita raih tentu sangat imposibel kita mampu menggapainya dalam satu waktu yang sangat singkat. Semua pasti akan secara bertahap kita capai berdasarkan kemampuan kita. Maka kata HANYA inilah yang menegaskan sebagai pilihan yang prioritas.

INGIN. Hidup itu diyakini sebagai sesuatu yang dinamis ketika memiliki keinginan. Ini adalah kata yang mewakili kata asa, harapan, dan cita-cita. Dalam situasi yang sangat ekstrim kita boleh saja membiarkan semua yang kita miliki hilang dalam kehidupan kita tetapi kita tidak boleh membiarkan tetesan-tetesan harapan lenyap tanpa bekas. Maka kata INGIN ini adalah obsesi besar tentang sesuatu yang ingin dikejar.

MENULIS. Berhasil menerjemahkan ide atau gagasan ke dalam tulisan adalah sesuatu yang sulit, tetapi juga sekaligus menjadi hal yang sangat memuaskan ketika sukses kita lakukan. Menulis memang memberi efek psikologis yang sangat kuat. Dari semua tulisan yang saya muat di blog pribadi tidak satupun yang tidak memberikan efek puas bagi saya. Ini belum bicara kualitas. Saya kadang berfikir lebih penting bicara kepuasan sebagai efek menulis dari pada saya harus ribet memikirkan setiap tulisan saya layak dimuat ataupun layak dibaca. Saya ingin kata MENULIS ini menjadi bingkai seluruh jejak-jejak kecil maupun besar selama 2014 ini. Saya ingin menjadikan setiap jejak perjalanan saya menjadi berharga sehingga mendorong saya untuk mengabadikannya lewat tulisan-tulisan. Dan atas motivasi ini saya kemudian terdorong untuk mengkaryakan setiap perjalanan menjadi lebih bermakna, saya kemudian semakin bersemangat untuk tidak melewatkannya biasa-biasa saja karena kemudian semuanya akan dieksplore menjadi ide dan inspirasi bagi orang lain. Mulai dari mengecap pahit manisnya rasa di keluarga kecil saya, berjuang mengikhtiarkan untuk memperbanyak keturunan yang sholeh/sholehah, sentuhan-sentuhan bahagia maupun memilukan dengan tetangga, momen-momen heroik bersama para aktivis kebaikan, hingga menyebar kebaikan pada alam semesta yang penuh dengan tantangan.

SAYA INGIN MENULIS. Adalah sebuah cita-cita akan perubahan yang pelan tetapi pasti. Semangat menulis akan secara perlahan mengganti kebiasaan yang sia-sia menjadi lebih produktif. Mengisi banyak kekosongan dengan aliran ide-ide dan cerita-cerita yang membelajarkan. Dan keinginan ini akan membuat daya sensitif saya meningkat. Akan semakin melebarkan mata saya untuk melihat setiap kejadian dan peristiwa disekita saya, tentu semuanya akan dijadikan bait-bait cerita yang diiringi oleh pelajar-pelajaran yang bisa kita petik dan bermanfaat dikemudian hari.

Dan keinginan besar ini tentu kemudian menuntut saya untuk menciptakan banyak peluang dalam melahap buku-buku dan informasi baru yang bermanfaat. Semoga kita semua mampu menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusia yang lain.


0 komentar:

Posting Komentar

Semangat menulis akan secara perlahan mengganti kebiasaan yang sia-sia menjadi lebih produktif. Mengisi banyak kekosongan dengan aliran ide-ide dan cerita-cerita yang membelajarkan. Dan akan banyak peristiwa yang bisa ditulis disini. Semoga kemudian mengantarkan kita menjadi manusia yang bermanfaat. Amin