`

`

Rabu, 03 Juli 2013

PERJUANGAN DENGAN NILAI CAMPUR SARI


Kawan..
Aku telah lelah berkonspirasi..
Telah lama ku lupakan jejak-jejak itu..
Rasanya seperti digempur kekecewaan, penyesalan
Seperti tinggal meratapi sejarah yang berlumur dosa konspirasi..
Aku ingin kabur, ingin menghilang dari perhelatan
Aku ingin membayarnya dengan bakti
Dengan karya
Dengan segala yang ku miliki
Ku melawan arus ego yang melekat demi sebuah cita-cita luhur di rumah ini
Demi generasi 
Karena sejarah buruk harus diamputasi
Mimpi mulia sebuah buku suci itu harus menggurita
Menyentuh setiap hati yang ingin menemukan hakekatnya
Tetapi aku tiba-tiba terhenti
Terkejut dengan desas-desus sampah tentang cerita dimedan suci yang kita ukir sama-sama
Ternyata konspirasi adalah sahabat karib yang selalu bersama dimanapun
Konspirasi adalah potensi
Jika ikhtiarnya adalah intervensi kebaikan
Aku terlalu polos mendengarkan nada-nada apologi
Aku hanya menangkap sebuah kegagapan manajemen
Sehingga coba ku abaikan
Aku rela berdiri dipersimpangan sekalipun ribuan peluru menghantam dada mungilku
Aku jatuh tersungkur..
Aku bersahabat tetapi aku merasa sendiri
Dua matahari menerobos alam fikirku
Aku telah gagal menegaskan serpihan mimpi kalian
Juga mimpiku akan cita-cita medan juang yang dahulu pernah menjadi cerita emas
Aku terdiam lama dengan rasa kecewa yang begitu mendalam
Hampir saja ini menjadi karya terakhirku disini
Tetapi ada ruang-ruang yang terbuka untuk menggaris titik grafik menjadi lebih baik
Belum terukir sempurna optimisme dalam jiwaku
Aku tersayat atas proses ini
Aku merasa kalian menodai medan suci ini
Membelot sebab perasaan yang tak semestinya
Ukiran tegas dengan proses hitam pekat
Kalian mengorbankan perjuangan dan cita mulia ini
Aku sejenak ber-utopis
Jika jalan juang ini suci
Prosesnya pula putih seperti kanvas
Kedekatan ini beralas ukhuwah
Status palsu adalah musuh bersama
Dan selimut kita adalah proses yang memanusiakan manusia
Menghadirkan sanksi dan penghargaan sebagai dua sisi mata uang
Tetapi jika rasa semu ini menggurita
Memaksa mengisi sudut-sudut rasa yang belum saatnya
Merusak struktur momentum menjadi tak indah
inikah wajah perjuangan kita?
Perjuangan dengan nilai campur sari
Padahal diluar sana kita seperti malaikat tanpa dosa
menjadi figur sejuta manusia perindu masa depan
Berdirilah pada pijakanmu
Genggamlah bara itu
Tuntaskan mimpimu
Dan keluarlah dari lumpur hitam yang menjerat
Hisab itu tak kenal kompromi
Dan kebaikan itu adalah cahaya yang tak pernah ternoda

0 komentar:

Posting Komentar

Semangat menulis akan secara perlahan mengganti kebiasaan yang sia-sia menjadi lebih produktif. Mengisi banyak kekosongan dengan aliran ide-ide dan cerita-cerita yang membelajarkan. Dan akan banyak peristiwa yang bisa ditulis disini. Semoga kemudian mengantarkan kita menjadi manusia yang bermanfaat. Amin